PENGALAMAN SEMESTER 1 (JURUSAN AKUNTANSI) DI UNIVERSITAS GUNADARMA

06.15


Mulai aktif kuliah di Universitas Gunadarma yaitu sekitar bulan September 2014. Setelah sebelumnya saya mengikuti PPSPPT (Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Tinggi) pada bulan Agustus 2014. PPSPPT disini dikenal sebagai ospek di kampus-kampus lain. Perbedaan mendasar dari PPSPPT di Gunadarma dan ospek di kampus-kampus lain yaitu tidak ada sama sekali kegiatan senioritas yang biasa dilakukan, dan juga lamanya PPSPPT tidak selama kampus lainnya. Sehari. Ya, cuma sehari. Singkat, bukan?

 
Kartu Peserta PPSPPT 2014
Setelah PPSPPT berlalu, perkuliahan pun mulai aktif. Saya menjadi anggota kelas 1EB07. Pertama kali memasuki ruang kelas, ada kenyamanan yang saya rasakan disana. Ruang kelas yang bersih juga sejuk, membuat saya nyaman berada disana setelah melalui proses yang cukup melelahkan untuk sampai di ruang kelas tersebut. Dimana saya harus menaiki anak tangga hingga ke lantai 4 dan hal itu berhasil membuat saya gerah, kepanasan dan ngos-ngosan. Tapi hal tersebut terbayar ketika saya memasuki ruang kelas yang begitu nyaman :D
Selain nyaman, ada hal lain yang saya rasakan ketika pertama kali memasukki ruang kelas saya. Canggung. Ya, canggung. Hal tersebut memang biasa saya rasakan ketika menginjak dunia baru yang belum pernah saya rasakan sebelumnya dimana saya juga bertemu dengan orang-orang yang belum saya kenal sebelumnya. Tetapi lambat laun, seiring berjalannya waktu, saya dapat beradaptasi dengan baik dan mendapatkan teman-teman yang cukup dekat hingga saat ini.

Suasana kelas pada saat awal masuk kuliah :D

Ini foto bareng pertama kali sama kelas 1EB07 :D
Dalam perkuliahan, hal-hal sulit pasti ada. Untuk mahasiswa baru di jurusan akuntansi yang dulunya mengambil jurusan IPA di SMA, seperti saya, tentu hal tersebut bukan hal yang mudah. Belajar akuntansi dan hal-hal yang berbau ekonomi merupakan hal baru bagi saya. Sehingga saya harus berusaha lebih keras daripada teman-teman saya yang dulunya mengambil jurusan IPS di SMA.
Hari demi hari, bulan demi bulan berlalu. Perkuliahan masih terus berjalan. Mahasiswa/mahasiswi Gunadarma, termasuk saya, mulai disibukkan dengan banyaknya tugas, presentasi dan praktikum serta kuis yang harus diselesaikan. Sebagai manusia biasa, keluhan pasti selalu ada. Tapi mau bagaimana? Sukses butuh perjuangan, bukan? :)
Setelah berbulan-bulan lamanya, tibalah saatnya Ujian Tengah Semester dilaksanakan. Ya, seperti mahasiswa/mahasiswi pada umumnya, perasaan nervous pasti ada. Ditambah lagi, dalam perhitungan nilai di Universitas Gunadarma, presentase nilai UTS lebih besar daripada nilai lainnya untuk menentukan nilai IPK di akhir semester. Hal tersebut membuat saya berjuang lebih keras untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
UTS pun berlalu. Libur pun tiba. Walaupun libur yang diberikan setelah UTS tidak terlalu lama, setidaknya ada waktu untuk kami, para mahasiswa/mahasiswi, untuk mengistirahatkan otak kami yang sudah terlalu lelah bekerja non-stop selama bulan-bulan kemarin, hahaha.
Libur berlalu. Perkuliahan pun tiba seiring dengan dunia yang telah memasuki tahun yang baru, tahun 2015. Tahun boleh baru, tetapi kegiatan tetap sama. Kuliah. Yap, perkuliahan setelah UTS pun berjalan. Sembari perkuliahan berjalan, satu per satu hasil UTS dalam setiap mata kuliah pun dibagikan. Hasil yang saya dapatkan tidak buruk. Ada beberapa mata kuliah yang nilainya bagus, ada juga yang fail. Yah namanya juga langkah awal. Tak selamanya mulus, bukan?
Perkuliahan terus berjalan. Kesibukkan mahasiswa dan para dosen juga masih berjalan. Hingga tiba saatnya UAS dilaksanakan. Tentunya saya dan teman-teman lainnya harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Hari demi hari berlalu, UAS pun berlalu. Dan surganya anak mahasiswa-yang disebut libur-itu pun tiba! Akhirnya.
Perkuliahan selama satu semester kemarin merupakan sebuah perkenalan awal antara saya dengan suatu sistem pendidikan yang disebut dengan KULIAH. Sulit? Iya. Tapi itu tidak akan sebanding dengan semester-semester selanjutnya dan masa depan yang akan saya jalani nanti. Karena itu dibutuhkan semangat dan motivasi yang kuat.
Saat ini saya telah memasuki semester 2 sembari menunggu hasil IPK semester 1. Semoga hasil yang saya dapatkan tidak mengecewakan dan tetap terus berjuang untuk menjadi yang lebih baik lagi di semester-semester selanjutnya :)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi :
    http://jasabimbinganskripsisurabaya.blogspot.co.id/

    BalasHapus